Membuat barcode QR dengan mail merge pada ms.word 2013


QR code adalah kode batang dengan bentuk kotak yang merupakan kelanjutan dari kode batang bar (barcode), pembuatan Barcode QR dapat dilakukan dengan memanfaatkan alat mail merge dalam aplikasi MS. Word. Dalam hal ini kami memakai Ms. Word 2013 dan tidak tau apakah tread ini dapat berjalan di Ms. Word 2007, yang punya Ms. Word 2017 boleh coba dan bagikan reviewnya disini.
Oke berikut step by stepnya
- Buat data di Ms. Excel sperti dibawah ini

Pada gambar atas kita akan membuat cell DATAQR sebagai bahan pembuatan barcode QR pada mail merge nanti.

- Siapkan file dokumen (docx) kali ini kita akan buat contoh untuk pembuatan sertifikat dengan mail merge dan berBarcode QR file desain sperti dibawah ini

Pada desain ini kita akan mengisi nama dan kode BarcodeQR dengan mengambil data dari ms. Excel yang sudah dibuat tadi dengan nama DATAQR.XLSX.
Sekedar saran tempatkan dua file ini dalam satu folder biar mudah dalam pencarian data saat proses Mailings

- Selanjutnya lakukan proses mailings dengan mengikuti menu Mailings ( dalam hal ini saya anggap sudah paham proses mail merge. Tempat kan nama pada tempatnya.
- Saat hendak penempatan Field DATAQR lakukan dengan menekan CTRL+F9 sehingga muncul kurung kurawa sperti “{}” kemudian ketikkan FORMULA  dalam kurung tadi MERGEBARCODE DATAQR QR kemudian enter, lihat gambar dibawah ini

Setelah enter maka kode formula akan berubah jaid “«DATAQR QR Code»” seleksi formula field tersebut kemudian KLIK KANAN pilih Update Field liat gambar dibawah ini.



Sampai disini proses pembuatan field barcode sudah selesai untuk melihatnya silahkan klik PREVIEW RESULT.


#Selamat mencoba, silahkan bertanya dan berdiskusi diklom komentar yaa…

Komentar

  1. Kalau multi bisa ga misalnya : Nama, Tanggal Lahir, Alamat

    BalasHapus

Posting Komentar